Manfaat Tersembunyi Pada Buah

Manfaat Tersembunyi Pada Buah

Empat sehat lima sempurna, sebuah idiom seputar makanan dan kesehatan yang popular bagi bangsa kita. Konsep empat sehat lima sempurna ternyata kadang masih difahami kurang tepat oleh sebagian masyarakat. Empat sehat lima sempurna difahami bahwa komponen tersebut harus tersedia sekaligus dalam setiap aktifitas makan.
Aplikasi empat sehat lima sempurna yang sebenarnya adalah mengonsumsi unsur-unsurnya secara bertahap. Tubuh kita mempunya kapasitas dan ritme dalam merespons makanan yang masuk. Yang paling penting bukan memasukkan empat sehat lima sempurnanya, namun bagaimana pencernaannya. Makan yang baik adalah makan yang mengarusutamakan ritme pencernaan dari tubuh.
Buah merupakan salah satu unsur pentiny dalam menu makanan yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita. Konsumsi buah sebagai pelengkap agar memenuhi menu makanan empat sehat lima sempurna. Hal ini dikarenakan pada  buah memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh.
Pada buah mengadung beberapa unsure yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita, kandungan buah yang utama terdiri dari  air, vitamin, mineral, serat, antioksidan dan karbohidrat.  Manfaat dari masing-masing unsut tersebut  bagi tubuh kita antara lain:
Air, tubuh memerlukan keseimbangan jumlah air yang ada sehingga jumlahnya perlu untuk dijaga. Sebaikknya kita mengkonsumsi air 2 liter dalam 1 hari, kebutuhan air ini antara lain dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah.
Vitamin dan mineral, sebagian besar buah mengandung vitamin penting seperti vitamin C dan E. Sedangkan mineral dalam buah misalnya kalsium, zink maupun mangaan. Vitamin dan mineral merupakan adalah zat yang membantu proses metabolisme kerja sel dalam tubuh.
Antioksidan, merupakan zat penangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Zat yang terdapat dalam polusi, asap rokok dan kendaraan bila bertemu dengan kolesterol yang ada dalam tubuh maka akan membentuk bisul dalam tubuh sehingga dapat merusak sel endotel dalam pembuluh darah. Akibat lanjutnya adalah kolesterol akan melekat dalam pembuluh darah kita.
Karbohidrat, sumber tenaga agar tubuh dapat melakukan aktivitas dengan normal. Buah juga memiliki karbohidrat kompleks yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Dan ini sangat penting dan memiliki kelebihan karena fruktosa yang masuk tidak membutuhkan hormon insulin sehingga tidak membebani kerja pancreas. Apabila rusak maka dapat menyebabkan penyakit diabetes. Jadi memang berbeda bila kita mengkonsumsi gula.
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, maka sebaiknya anda mengkonsumsi 10 porsi buah dengan 10 warna yang berbeda setiap hari. Misalnya: pisang, nanas, mangga, apel, jeruk, sawo, duku. Satu porsi satu buah utuh, jadi perlu ditegaskan bahwa konsumsinya bukan hanya potongan seperti rujak manis. Hal ini dimaksudkan warna buah yang berbeda mengandung zat yang berbeda sehingga dapat saling melengkapi untuk memenuhi zat yang diperlukan oleh tubuh.
Tips untuk memilih buah yaitu pilihlah yang warnanya mengkilap karena banyak mengandung phytachemicals sebagai kandungan antioksidan, selain itu mengandung vitamin dan mineral lebih banyak dibandingkan dengan buah yang kulitnya kusam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: